Sabtu, 01 Maret 2014

7 Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut


7 Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut


Cara menjaga kesehatan gigi dan juga rongga mulut terkadang kurang diperhatikan, jika dibandingkan dengan bagian lain seperti kulit, wajah atau rambut. Rongga mulut yang sehat tidak hanya memudahkan kita untuk mencerna setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh kita, namun juga mempengaruhi kegiatan berinteraksi kita kepada orang lain. Biasanya masalah pada rongga mulut ini terjadi karena kesehatan gigi yang kurang baik.

  

Kesehatan Gigi

Cara menjaga kesehatan mata akan menghindari kita dari segala bentuk gangguan pada mata, begitu pula dengan cara menjaga kesehatan gigi berikut ini. Pemeliharaan gigi yang dilakukan sejak dini, akan menanamkan kebiasaan baik bagi si kecil misalnya menyikat gigi sebelum tidur sehingga akan menghindari masalah seperti gigi berlubang, bau mulut, dan sebagainya. Berikut ini 5 cara menjaga kesehatan gigi yang perlu dilakukan secara rutin :
1. Kebiasaan menyikat gigi
Mungkin kita lebih sering melakukan perawatan rambut rontok ketimbang merawat gigi meskipun hanya untuk menyikat gigi. Aturan menyikat gigi minimal 2 kali sehari ini memang untuk menghindari perkembangan bakteri yang merusak gigi, apalagi ketika tidur di malam hari.
2. Teknik menyikat gigi
Tidak hanya penting untuk menyikat gigi secara teratur namun juga harus dilakukan dengan teknik yang benar. Cara menyikat gigi dengan benar sangat baik dilakukan sejak kanak-kanan, karena akan menolong pengembangan rutinitas kesehatan mulut ini sejak dini. Teknik tersebut di mulai dari cara memegang sikat sampai dengan arah menyikat gigi yang tepat.
3. Waktu menyikat gigi
Cara menyikat gigi yang tepat tidak hanya mencegah terjadinya masalah pada gigi namun juga cara memutihkan gigi secara alami. Sebaiknya sikat gigi dilakukan setelah memakan makanan manis, contohnya pada bahaya coklat yang bersifat menempel pada gigi ini akan menjadi sulit dihilangkan jika terlalu lama tidak dibersihkan.
4. Pemilihan bulu sikat
Pemilihan bulu sakit gigi lembut tidak hanya sekedar memberikan kenyamanan ketika menyikat gigi tapi juga bulu sikat yang terlalu keras akan menyebabkan pengikisan email gigi (lapisan pelindung gigi).
5. Kandungan flossing pasta gigi
Pada pasta gigi yang memiliki kandungan flossing akan menjaga kesehatan gigi, flossing yang baik dengan menghilangkan sisa makanan sela gigi. Cara menghilangkan bau mulut dengan kandungan fossing ini membantu menghindari kerusakan gigi pada anak-anak dan orang dewasa.
6. Makanan bergizi
Makan makanan bergizi akan melindungi kesehatan gigi yang baik. Manfaat buah-buahan untuk kulit juga berfungsi menjaga kesehatan gigi seperti strawberry, anggur dan apel. Ditambah lagi dengan menu makanan seperti jenis-jenis keju non olahan, variasi jenis susu serta manfaat pada yogurt, akan lebih baik dari pada mengkonsumsi makanan lengket yang kemudian akan menempel pada gigi.
7. Pemeriksaan gigi
Memeriksa gigi secara teratur adalah hal penting yang tidak bisa ditinggalkan untuk merawat gigi. Pemeriksaan rutin setiap 6 bulan sekali akan mendeteksi apakah terdapat gangguan pada gigi, seperti gigi berlubang atau karang gigi.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi

Hal-hal yang perlu diperhatikan pada cara menjaga kesehatan gigi di atas, dengan tips berikut ini :
  • Mengganti sikat gigi setidaknya 3 bulan sekali atau ketika bulu sikat sudah mekar
  • Perhatikan penempatan sikat gigi yang bersih dengan kepala sikat yang tertutup
  • Perhatikan teknik sikat gigi yang benar, Sikat gigi dengan arah ke atas lalu ke bawah atau dari arah gusi ke arah ujung gigi
  • Segara konsultasikan gangguan pada kesehatan gigi yang mulai dirasakan sebelum gejalanya semakin parah
 Sumber :  Blogging.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar