Sabtu, 01 Maret 2014

Penyebab Perut Kembung Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Perut Kembung Dan Cara Mengatasinya


Sering kali kita merasakan perut kembung yang ditandai dengan perut terasa penuh, kemudian terasa terhimpit dengan gas pada rongga perut. Pada keadaan tertentu, kondisi ini juga dapat mengganggu aktivitas yang seharusnya berjalan dengan lancar. Penyebabnya sering dikaitkan dengan masuk angin namun, namun banyak hal yang sebenarnya dapat membuat rasa kembung pada perut ini terjadi.

        

Perut Kembung

Perut kembung merupakan indikasi adanya gangguan pada sistem di tubuh manusia, seperti masalah pada sistem ekskresi atau gangguan pada sistem pernafasan, sistem pencernaan dan lain sebagainya. Perut kembung terjadi karena gas yang berlebihan pada rongga perut.
Pada usus terdapat gas yang bersumber dari udara mulut dan hidung yang tertelan(eksogen). Ditambah dengan udara yang dihasilkan dari proses pencernaan (endogen). Ketikan proses makan dan minum, masa air liur meningkat yang membuat gas-gas eksogen ikut tertelan. Kemudian gas endogen dihasilkan dari produk sampingan atau proses pencernaan yang tidak sempurna.
Pada proses pencernaan yang tidak dilakukan secara lengkap oleh enzim-enzim pencernaan pada lambung dan usus kecil, menjadi penyebab perut kembung saat zat tersebut melewati usus besar, karena kegiatan fermentasi yang tidak normal oleh ragi dalam saluran pencernaan.
Hal ini bisa disebabkan dengan kebiasaan mengkonsumsi jenis makanan sebagai berikut :
Jenis produk susu
Berbagai jenis susu dapat membuat perut kembung karena kandungan laktosanya yang cukup sulit dicerna tubuh. Hal ini juga terjadi pada produk susu lain seperti es krim dan berbagai jenis keju.
Sayuran manis
Jenis sayuran yang memiliki rasa manis mengandung banyak rafinosa seperti brokoli, asparagus, dan kubis brussel. Zat manis ini mampu menghasilkan zat gas berlebih ketika makanan dicerna.
Kacang-kacangan
Serat larut yang terdapat pada jenis kacang, tidak selamanya benar-benar langsung larut pada makanan tersebut. Bahkan saat proses pencernaan selesai yang akan membuat kelebihan gas pada perut. Gas endogen pada kacang ini timbul dari oligosakarida kompleks pada fungsi karbohidrat yang memiliki resistensi terhadap pencernaan mamalia.

Cara Mengatasi Perut Kembung

Ketika perut kembung menyerang, dapat dilakukan beberapa cara mengatasi perut kembung dengan mudah berikut ini :
Minuman Hangat
Minuman hangat seperti wedang jahe, dapat memberikan efek hangat tanpa rasa perih paa lambung. Jahe hangat bekerja seperti anti inflamasi, sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh saat musim hujan.
Kompres air hangat 
Cara mengatasi kembung dengan melakukan kompres perut dengan air hangat dapat membuat gas dalam perut keluar dan menghilangkan begah.
Minyak gosok
Jika mengompres perut tidak memungkinkan dilakukan saat perut kembung, alternatif lain adalah dengan menggosokan minyak hangat gosok pada perut seperti minyak kayu putih. Bawalah minyak gosok hangat ketika harus bepergian ke tempat-tempat bersuhu dingin.
Penyebab perut kembung dapat terjadi karena kebiasaan kita yang kurang memperhatikan jenis makanan sehat yang dikonsumsi. Agar perut kembung ini tidak sering terjadi, pilihlah jenis makanan yang tidak menyebabkan gas berlebih dengan menjalani pola hidup sehat yang benar.

 Sumber :  Blogging.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar